Rabu, 28 Agustus 2019

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Bahan Keras

BAHAN KERAS ALAM

Bahan keras alam adalah bahan yang berasal dari sumber daya alam hutan, bumi, dan laut yang bersifat keras.

1. Kerajinan kayu

Kerajinan dari Kayu
Hutan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengrajin. Bahan sekali karya yang dihasilkan dari bahan ini, yang paling banyak yang diminati orang adalah ukiran. Seni ukir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing, biasanya bahan yang digunakan untuk ukiran berasal dari kayu jati, mahoni, waru dll.

2. Kerajinan Bahan Keras dari Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu
Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan ini memiliki beraneka ragam jenis dengan tampilan menarik dan artistik. Salah satu bentuk kerajinan tangan dari bambu yang diakui oleh dunia adalah kerajinan ayaman.
Keahlian masyarakat Indonesia dalam membuat kerajinan ayaman sudah tidak diragukan lagi, berbagai motif dan bentuk menarik telah memikat masyarakat dari mancanegara.

3. Kerajinan Tangan Bahan Keras dari Batu

Kerajinan Tangan dari Batu
Banyak sekali kerajinan tangan di Indonesia yang terbuat dari batu. Teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan pada batu menggunakan teknik pahat serta teknik ukir. Hasil kerajinan tangan dari batu seperti batu hias, asesoris, serta berbagai hiasan luar ruangan yang memiliki nilai seni yang tinggi.

4. Kerajinan Bahan Keras dari Rotan

Kerajinan dari Bahan Keras Rotan
Sifat dari tanaman rotan yang lentur dan kuat menjadikannya tumbuhan ini mudah untuk dibuat berbagai kerajinan tangan. Contoh hasil kerajinan dari bahan rotan seperti meja, kursi, lemari, tempat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.























1 komentar:

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Bahan Keras

BAHAN KERAS ALAM Bahan keras alam adalah bahan yang berasal dari sumber daya alam hutan, bumi, dan laut yang bersifat keras. 1. Ker...